Selasa, 08 Februari 2011

Keadaan Alam Kita yang Memprihatinkan



Kita lihat gambar di atas, yaitu keadaan alam yang masih belum terusik oleh tangan - tangan manusia yang jail. Keadaannya masih rindang, asri, dan indah. Fauna masih hidup tenang di habitatnya. Tapi, kita lihat gambar berikut :

Sungguh mengenaskan bukan ? keadaanya sangat memrihatinkan. Apabila hal ini dibiarkan terus terjadi, maka kondisi alam kita akan rusak parah, dan juga dampak negatifnya akan dirasakan oleh kita semua. Seperti perubahan iklim yang terjadi baru – baru ini. Itu dikarenakan tangan – tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. Bencana alam kian mengancam kehidupan kita, betapa besar kerugian yang di timbulkannya, belum lagi korban manusia yang ditimbulkan.

Kerusakan hutan terjadi di mana – mana, warisan kerusakan hutan yang ditinggalkan oleh pendahulu kita berakibat kesengsaraan dimana-mana, ribuan hektar terendam diberbagai Kabupaten dan derah seluruh Indonesia, gagal panen, sawah terancam puso dan krisis pangan menimpa negeri ini, hal ini sangat membahayakan negeri ini, semua berakibat kebutuhan pangan harus impor, rakyat tidak lagi mampu menyajikan pangan produksi lokal.

Kalau hal ini terus terjadi, maka bangsa, bahkan dunia ini akan menuju kehancuran akibat ulah tangan-tangan jahil yang memanfaatkan sumberdaya alam dengan serakah.

Ketentuan Hukum harus ditegakkan, para pembalakan liar dan perusak hutan harus menebus kesalahannya, kawasan yang dijadikan resapan air jangan ditimbun untuk pembangunan kawasan industri atau untuk perumahan elit atau rumah toko untuk kawasan perdagangan, bangsa ini harus mengerti apa yang dilarang dan apa yang diperbolehkan, tentunya dalam hidup ini ada aturan yang harus dipatuhi, tidak semua harus dibayar dengan uang untuk memuluskan keinginan pribadi. Hal inilah yang terjadi sekarang kerusakan hutan terjadi dimana-mana, banjir terjadi dimana-mana, anak cucu kita akan menderita dimana-mana bahkan kesengsaraan dan kemiskinan akan mendera seluruh negeri ini apabila kita segera sadar atas perbuatan yang salah selama ini.

Penebangan liar sangat merugikan sekali bagi kelangsungan hidup flora dan fauna yang hidup di habitatnya. Ini juga mengambil andil yang cupkup besar dalam kerusakan lingkungan, karena dengan ditebanginya hutan itu maka tidak ada penyerapan air oleh akar – akar tumbuhan tersebut. Akhirnya terjadi banjir, dan tanah longsor. Kalau sudah terjadi siapakah yang mau bertanggung jawab?

Secara bersamaan mari kita bangkit dan sadar bahwa tanpa kepedulian kita bersama melalui gerakan penanaman pohon dan penghijauan kembali maupun reboisasi,

Mari kita lestarikan hutan sebagai paru-paru dunia.!!!!

Dan jangan membuang sampah sembarangan!!!

Terima kasih,,,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar